Ambulance

Ambulance
Ambulance

Jumat, 22 Juni 2012

Karakteristik Pribadi Positif

www.mengatasisakit.blogspot.com

Berpikir positif merupakan istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan kita. Banyak manfaat yang diperoleh jika seseorang menerapkan cara berpikir seperti itu, diantaranya ia akan lebih sehat secara psikologis maupun fisiologis. Hal ini banyak dibuktikan dalam dunia praktek psikologi dan kedokteran.
Berpikir positif atau Positif thinking merupakan proses pemilihan emosi yang positif (berbaik sangka, senang, sabar, tawakkal) saat individu berinteraksi dengan stimulus yang ada di lingkungannya kemudian menempatkan emosi yang positif itu kedalam persepsi dan keyakinan. Orang yang menerapkan pemikiran yang positif dapat disebut pribadi yang positif.
Pribadi yang positif menerapkan pikiran positif dalam memaknai setiap peristiwa yang terjadi dalam rentang kehidupannya.
Dalam bukunya yang berjudul “Quwwatuttafkiir” Dr. Ibrahim El Fiky menginventarisasi ciri-ciri pribadi yang positif.
  • Beriman, memohon bantuan, dan tawakkal kepada Allah
Pribadi yang positif percaya kepada ayat-ayat Allah, hukum-hukum Allah, janji-janji Allah, dan semua tanda-tanda yg menunjukkan keberadaan dan keesaan Allah. Sebab itu, individu yang positif segala tindakan nya dia arahkan dan tawakkalkan kepada Allah SWT
  • Mengamalkan nilai-nilai luhur
Seberat apapun tantangan dan godaan hidup ini, pribadi yang positif menjauhi perilaku negative seperti: berbohong, mengadu domba, memfitnah, merugikan orang lain dan lain sejenisnya. Sebaliknya dia menerapkan perilaku terpuji seperti: amanah, menepati janji, santun dalam ucapan, suka kebaikan, dan lain semacamnya.
  • Memiliki cara pandang yang jelas
Orang yang positif tahu betul agenda kehidupannya baik dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Dia tahu alasan menginginkan sesuatu dan cara bagaimana mendapatkan sesuatu itu dengan mengupayakan seluruh potensi yang dimilikinya.
  • Punya keyakinan dan prediksi positif
Pribadi yang positif sadar betul konsekwensi dari sebuah keyakinan. Sebab itu, dia selalu punya keyakinan dan persangkaan yang positif
  • Selalu mencari jalan keluar dari berbagai masalah
Manusia yang positif menyadari bahwa segala masalah pasti ada penyelesaiannya. Dengan demikian dia selalu mencari solusi terhadap masalah yang terjadi dengan tetap memperhatikan asas keadilan, persatuan, dan efek sosialnya.
  • Belajar dari Masalah dan kesulitan
Berbagai permasalahan dan kesulitan yang menimpa tidak menjadi kan pribadi positif cengeng ataupun lemah. Sebaliknya, dia mampu memetik pelajaran dan mengubah masalah atau kesulitan menjadi peluang bagi dirinya untuk berkembang.
  • Tidak membiarkan masalah dan kesulitan mempengaruhi aspek kehidupan yang lain
Ketika pribadi positif menghadapi masalah keuangan misalnya, ia tidak biarkan masalah itu menjalar ke aspek kehidupan sosialnya, atau spiritualitasnya. Ada uang atau tidak dia tetap beraktivitas dengan masyarakat dan menjalankan kewajiban terhadap Tuhannya.
  • Percaya diri, menyukai perubahan, dan berani menghadapi tantangan
Orang yang positif menyadari bahwa perubahan dalam hidup itu tidak bisa dihindari. Sebab itu, dia tidak kalut ketika kehilangan sesuatu berharga yang dimilikinya, sebaliknya dia yakin akan mendapat yang terbaik buat dirinya.
  • Hidup penuh dengan cita-cita, perjuangan dan kesabaran
Orang positif mampu menjaga cita-citanya tetap menyala walau dalam waktu yang cukup lama. Dia sadar bahwa cita-cita adalah fondasi untuk menjadi orang yang maju sekaligus ruh dalam setiap perbuatan dan perjuangan yang dilakukan.
  • Pandai bergaul dan suka membantu orang lain
Pribadi positif suka bergaul dengan siapa saja dan dekat di hati siapa saja. Dia menghargai orang lain dan tidak berusaha menguasai orang lain.
Demikianlah ciri-ciri pribadi positif. Mudah-mudahan ini bisa menjadi alat ukur  untuk mengetahui dimana keberadaan kita, apakah termasuk pribadi positif atau pribadi negative?

Source:  http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2012/06/05/karakteristik-pribadi-positif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar